Youtuber, Profesi Baru yang Amat Menjanjikan?!

bisnisnet.com– Hallo sobat semua kali ini admin akan membahas tentang propesi yang sedang di incar oleh semua orang yuukkk simak penjelannya.

Kalau beberapa tahun lalu, profesi dokter, polisi, pilot, atau guru menjadi cita-cita primadona untuk anak-anak, saat ini jawaban tersebut tergeserkan dengan profesi-profesi baru lainnya, seperti Youtuber, content creator, selebgram, dan profesi lainnya yang berkiblat pada dunia digital.

Platform digital yang berkembang pesat dan bisa dimonetisasi adalah Youtube. Berdasarkan survei We are Social menyebutkan penduduk Indonesia yang aktif bermain media sosial mencapai 150 juta orang dan Youtube merupakan media sosial yang paling banyak dimainkan.

Hal ini menunjukkan bahwa Youtube memiliki potensi pasar yang besar untuk menghasilkan uang, hingga akhirnya profesi Youtuber dinilai menjanjikan. Lalu bagaimana cara menjadi Youtuber sukses? Bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube? Berapa penghasilan Youtuber per bulan?

Pengertian Youtuber sendiri merupakan seorang atau sekelompok orang yang memiliki channel Youtube sendiri, membuat, menayangkan vlog, dan mencari subscribers. Awalnya, Youtuber hanya sekadar hobi, namun kini, bila diseriusi, bisa dijadikan profesi profesional. Seorang Youtuber mendapatkan penghasilan dari mesin iklan Google untuk setiap iklan yang ditayangkan dan juga dari klien atau brand yang bekerja sama secara langsung.

Cara menjadi Youtuber yang pertama pastinya dengan membuat akun Youtube, kemudian membuat akun Google AdSense yang mana akan menyalurkan iklan-iklan di videomu dan untuk pembayaran. Untuk mengaitkan video dengan AdSense ini setidaknya kamu membutuhkan 3 video original yang sudah diupload. Perlu diingat juga regulasi dan peraturan Youtube soal AdSense yang selalu berubah, mulai dari jumlah minimal subscribers, watch time video, hingga jenis konten apa yang bisa dimonetisasi.

Cara menjadi Youtuber dan menghasilkan uang dari Youtube

Untuk seorang Youtuber, pendapatan tidak mutlak hanya dari AdSense, berikut adalah beberapa sumber penghasilan seorang Youtuber:

1. Youtube Ads
Walaupun bukan sumber penghasilan terbesar, Youtube Ads tentunya menyumbang penghasilan untuk seorang Youtuber, Adapun syarat untuk bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube Ads adalah kanal Youtube tersebut selama setahun telah memiliki angka watch time minimal 4000, dan 1000 subscribers.

2. Sponsorship Video
Brand produk tertentu akan membayar Youtuber untuk menciptakan satu video advertorial khusus untuk produk tersebut. Dalam hal ini, Youtuber akan mengajukan harga sekitar sekitar Rp750 ribu per 1000 penonton. Tentunya angka tersebut akan semakin bertambah dengan jumlah penonton yang semakin banyak. Itulah mengapa Youtube Sponsorship adalah salah satu sumber penghasilan yang didambakan seorang Youtuber. Selain itu juga ada beberapa Youtuber yang memberikan rate card untuk setiap video yang dibuat dengan memberikan ulangan tentang suatu produk.

3. Affiliate marketing
Langkah yang satu ini adalah di mana pengiklan membayar Youtuber melalui CTR, berapa banyak orang membeli produk melalui link yang kamu sisipkan, dan komisi. Pernah melihat Youtuber favoritmu menayangkan video review suatu produk, nah itulah yang disebut dengan YouTube affiliate marketing.

Kesimpulan

Platform digital yang berkembang pesat dan bisa dimonetisasi adalah Youtube. Berdasarkan survei We are Social menyebutkan penduduk Indonesia yang aktif bermain media sosial mencapai 150 juta orang dan Youtube merupakan media sosial yang paling banyak dimainkan.

Penutup

Mungkin hanya sampai disini yang dapat admin sampaikan ,Semoga sobat semua dapat mengerti yang apa saya jelaskan ,Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Leave a Comment