Jepang Dan Rusia Memanas; Rusia Kerahkan Sistem Rudal Di kepulauan Kuril

141 View

bisnisnet.com–Hallo sobat semua kali ini admin akan membahas tentang memanasnya jepang dan rusia yuuk simak penjelasannya.

Jepang dan Rusia memanas, Kremlin kerahkan sistem rudal pantai di pulau sengketa! Kisruh terkait Kepulauan Kuril yang masih menjadi pemantik sengketa antara Rusia dan Jepang, masih membarakan perselisihan yang belum berujung damai.

Seperti diketahui, kepulauan tersebut merupakan titik panas dari sengketa wilayah Rusia dan Jepang yang belum kunjung usai. Menurut kementerian pertahanan Negeri Beruang Putih tersebut, mereka menempatkan sistem pertahanan rudal pantai, Bastion, di Kepulauan Kuril, Kamis 2 Desember 2021 kemarin.

Rusia menggunakan kapal pendarat besar untuk mengirimkan peralatan dan personel ke pulau terpencil Matua yang berada di bagian tengah kepulauan.

Pada Agustus 2021, Rusia juga sempat mengumumkan negaranya tengah berupaya meningkatkan aktivitas militer mereka di kepulauan itu. Sementara itu, Jepang mengklaim wilayah selatan Kepulauan Kuril, yang dinamai Tokyo sebagai Teritori Utara (Northern Territories), sebagai bagian dari negara itu. Kala Perang Dunia Kedua pasukan Soviet merebut wilayah itu dari Jepang.

Mengutip The Interpreter, Tokyo masih berusaha melangsungkan perjanjian damai dengan Rusia terkait sengketa wilayah ini. Dalam perjanjian damai ini, Moskow setidaknya harus mengembalikan dua dari empat pulau di wilayah itu ke Jepang.

Kendati demikian, Kremlin terus memiliterisasi wilayah yang disengketakan. Pada 2019, Rusia dan Jepang sempat melangsungkan pembicaraan terkait status pulau-pulau di wilayah sengketa itu.

Perdana Menteri Jepang saat itu, Shinzo Abe dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah sepakat mempercepat negosiasi berdasarkan dokumen 1956, yang menyatakan pulau-pulau Habomai dan Shikotan akan diserahkan kembali ke Jepang.

Sementara itu, nasib pulau Kunashiri dan Etorofu akan diselesaikan dengan negosiasi. Akan tetapi, perjanjian damai antar kedua negara terlihat sulit mengingat tindakan Kremlin yang mengerahkan pasukan militer di titik panas itu. Sebelumnya, pada Oktober 2020 Rusia juga mengerahkan sistem rudal pertahanan udara S-300V4 ke wilayah itu untuk latihan militer.

Kesimpulan

Perdana Menteri Jepang saat itu, Shinzo Abe dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah sepakat mempercepat negosiasi berdasarkan dokumen 1956, yang menyatakan pulau-pulau Habomai dan Shikotan akan diserahkan kembali ke Jepang.

Penutup

Sekian pembahasan yang dapat admin sampaikan ,Semoga sobat semua dapat mengerti yang apa saya jelaskan ,Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.