Sejarah Perang Dunia II Dan Penyebab dan Negara yang Terlibat

125 View

bisnisnet.com-Hallo sobat semua kali in admin akan menjelaskan tentang sejarah perang dunia ke II yukk simak penjelasannya

Berikut sejarah Perang Dunia II beserta penyebab terjadinya dan daftar negara yang terlibat.

Perang Dunia II (PD II) pernah berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Sejarah konflik ini melibatkan sejumlah belasan negara. Ada beberapa penyebab yang menjadi faktor tercetusnya, misalnya muncul ideologi fasisme dari negara-negara blok poros.

Pertempuran dua blok, sekutu dan poros, pada PD II ini memicu munculnya korban sebanyak 55 juta orang dari berbagai negara dunia. Melansir catatan Ensiklopedia Holocaust, perang tersebut dimulai ketika Jerman menginvasi Polandia, tepatnya pada 1 September 1939.

Inggris dan Prancis yang merespons negatif tindakan Jerman langsung mencetuskan perang. Semenjak hari itu, negara-negara lain mulai terlibat dalam pertempuran skala dunia karena Jerman semakin membabi buta ingin menguasai wilayah lain. Lantas, bagaimana rentetan sejarah tersebut dan apa penyebabnya sehingga bisa melibatkan belasan negara dunia?

Penyebab Perang Dunia II

Dari rangkaian peperangan, ada pemikiran tentang fasisme sebagai latar belakangnya. Kala itu, tiga negara yang berideologi fasisme bersatu dalam satu kubu, yaitu Jerman, Italia, dan Jepang.

Berdasarkan catatan Zia Ulhaq dalam Sejarah (2020:13), tiga negara itu beraliansi dengan nama Poros Roma-Berlin-Tokyo. Masing-masing negara itu punya ideologi fasisme. Kendati terdapat perbedaan keyakinan atau pedoman, namun semuanya mengarah pada tindakan merendahkan bangsa lain.

Pemikiran fasisme yang cenderung merugikan bangsa lain ini dijadikan pedoman ketiga negara tersebut untuk membenarkan perilakunya. Oleh karena itu, mereka menduduki kawasan dan wilayah dari negara-negara lain.

Selain ideologi, ada juga penyebab lain akibat fasisme. Sebelum meletusnya PD II, Inggris dan Prancis memiliki kebijakan “Appeasement” yang mengibaratkan diri mereka mengalah terhadap tindakan-tindakan Jerman.

Upaya kedua negara tersebut ternyata tidak cukup memberi rasa puas pada pihak Jerman. Bahkan, pada 1930-an Jerman dengan prinsip hidup fasismenya mulai menduduki berbagai negara di sekitarnya.

Satu yang tidak dapat ditoleransi oleh Inggris dan Prancis adalah ketika Jerman menginvasi Polandia. Dengan terpaksa, Inggris dan Prancis mulai menanggalkan prinsip mengalahnya dan menyatakan perang kepada Jerman.

Jerman tidak datang seorang diri, melainkan ada satu negara yang sudah menjadi kubunya pada 1936, yakni Italia. Lalu, diikuti dengan masuknya Jepang ke Blok Poros, tepatnya pada November di tahun yang sama.

Ketiga negara ini terlibat perang melawan pihak sekutu yang berjumlah lebih banyak. Blok yang melawan poros ini disebut sebagai Blok Sekutu, di antaranya ada Inggris, Prancis, Uni Soviet, Amerika Serikat, Tiongkok, dan beberapa negara lain yang mendapatkan efek dari pendudukan Blok Poros. Negara yang Terlibat Perang Dunia II Blok Poros: Jerman Italia Jepang Blok Sekutu Inggris Prancis Tiongkok Uni Soviet Amerika Serikat Negara lain yang menjadi korban Blok Poros

Negara yang Terlibat Perang Dunia II

Blok Poros:

  • Jerman
  • Italia
  • Jepang

Blok Sekutu

  • Inggris
  • Prancis
  • Tiongkok
  • Uni Soviet
  • Amerika Serikat
  • Negara lain yang menjadi korban Blok Poros

Kesimpulan

Bersikaplah slektif dalam perselisihan terkadang perdamaian lebih baik daripada menjadi benar.

Penutup

mungkin sampai disni pembahasan yang admin jelaskan pada kesempatan kali ini,Semoga sobat semua dapat mengerti apa yang saya jelaskan , Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.