Pengertian Mata Uang Dan Fungsinya?

bisnisnet.com-Uang tersebar dalam bentuk uang kertas dan ada juga uang logam yang merupakan alat pembayaran yang sah dalam artian (currency)

Apa itu mata uang?

Mata uang adalah satuan harga uang yang di setujui oleh pemerintah dan rakyatnya dalam sebuah negara. Sebuah negara memiliki mata uangnya masing-masing.Walaupun beberapa negara memiliki jenis mata uang yang sama. Misalnya, di Indonesia, mata uangnya adalah Rupiah, sedangkan di Jepang mata uangnya adalah Yen. Sedangkan negara yang menggunakan mata uang yang sama misalnya Amerika,Ekuador,Kamboja,Panama, dan kawasan samudra hindia britania.

Fungsi Mata Uang

Fungsi dari mata uang sama dengan uang pada umumnya yaitu sebagai alat tukar. Perbedaannya adalah nilainya sebesar 14.000 ke mata uang rupiah. Hal tersebut ditentukan oleh beberapa faktor. Nilai tukar mata uang ini di sebut kurs. Antara mata uang satu dengan lainnya memiliki kurs yang berbeda dan nilainnya fluktuatif setiap harinya.

Faktor-Faktor Yang Menentukan Nilai Tukar

  • Tingkat Inflasi. Sebuah negara yang tingkat kemakmurannya tinggi, inflasinya akan rendah. Sehingga nilai tukar uangnya akan menguat.
  • Tingkat Suku Bunga. Suku bunga juga terkait dengan inflasi. Pemerintah akan menaikan suku bunga saat terjadi inflasi. Akibatnya para investor asing akan tertarik untuk kembali melakukan investasi di negara tersebut. Sehingga nilai tukar mata uang akan stabil kembali.
  • Neraca Perdagangan. Neraca perdagangan didasarkan oleh hasil pembayaran ekspor-impor suatu negara. Negara yang mendapatkan hasil lebih besar dari negara partner-nya mata uangnya akan menguat.
  • Utang Publik. Utang publik juga bisa menentukan nilai tukar mata uang. Negara yang memiliki utang tinggi, mata uangnya akan melemah.
  • Ekspor – Impor. Jika ekspor di suatu negara lebih besar daripada impor, sudah dipastikan mata uang dari negara tersebut akan menguat.
  • Kondisi Ekonomi dan Politik. Kondisi ekonomi dan politik suatu negara berdampak pada nilai tukar mata uangnya. Ini terkait akan investor yang akan melakukan investasi. Investor akan memilih negara dengan kondisi ekonomi dan politik yang stabil.
  • Kontrol Pemerintah. Kebijakan pemerintah juga merupakan faktor penentu dalam nilai tukar mata uang sebuah negara.

Daftar 25 Nama Mata Uang Negara di Dunia

No. Nama Negara – Nama Mata Uang – Kode

1. Afganistan – Afghani – AFA

2. Afrika Selatan – Rand – ZAR

3. Afrika Tengah – Franc – XAF

4. Albania – Leke – ALL

5 . Aljazair – Dinar – DZD

6. Amerika Serikat – Dollar – USD

7. Andorra – Euro – EUR

8. Angola – Kwanza – AOA

9. Antigua dan Barbuda – Dollar – XCD

10. Arab Saudi – Riyal – SAR

11. Argentina – Peso – ARS

12. Armenia – Dram – AMD

13. Australia – Dollar – AUD

14. Austria – Euro – EUR

15. Azerbaijan – Manat – AZN

16. Bahama – Dollar – BSD

17. Bahrain – Dinar – BHD

18. Bangladesh – Taka – BDT

19. Barbados – Dollar – BBD

20. Belanda – Euro – EUR

21. Belarus – Ruble – BYR

22. Belgia – Euro – EUR

23. Belize – Dollar – BZD

24. Benin – Franc – XOF

25. Bhutan – Ngultrum – BTN

Kesimpulan

Pengertian Mata Uang Dan Fungsinya merupakan penjelasan tentang mata uang kertas dan logam serta nilai kurs nya sesuai mata uang negara tersebut.

Penutup

Sekian yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya yaa, Sekian dan terimakasih.

#Salamcuan

Leave a Comment