Temuan Bom Udara Sisa Perang Dunia Ke II Diamankan di Mako Brimob Kaltara

58 View

bisnisnet.com– Hallo sobat semua kali ini admin akan membahas tentang temuan bom yang di nyatakan peninggalan perang dunia ke II yukk simak penjelasannya.

 Brimob Polda Kalimantan Utara (Kaltara) sudah mengamankan bom udara yang diduga masih aktif dari sisa Perang Dunia (PD) II di Mako Brimob Polda Kaltara di Tarakan.
 
“Saat ini bom udara diamankan di mako brimob dan diendapkan sampai batas waktu yang belum ditentukan,” kata Wakasubden II Den Gegana Polda Kalimantan Utara, Iptu Moh Nur Sugiharto, di Tarakan, Senin, 22 November 2021.
 
Selanjutnya bom udara yang ditemukan warga di Kelurahan Sebengkok, Tarakan pada Sabtu, 20 November 2021, akan dijinakkan oleh Brimob Polda Kaltara.

Tim Gegana Brimob Polda Kaltara melakukan evakuasi bom udara yang memiliki panjang 1,25 meter dan diduga bom masih aktif pada Minggu, 21 November 2021.
 
Proses evakuasi bom yang dilakukan Tim Gegana Polda Kaltara memerlukan waktu selama dua jam.
 
Meski tidak ada kendala khusus, namun akibat kondisi tanah labil bekas galian dan harus menggunakan alat berat untuk mengangkatnya, maka membutuhkan waktu agak lama.

“Memang Benar bahwa yang ditemukan adalah bom udara yang diduga merupakan peninggalan zaman Jepang,” ucap Moh Nur Sugiharto.

Sugiharto mengatakan, ukuran bom udara yang ditemukan oleh warga cukup besar dan diduga juga masih aktif.

“Setelah tim melakukan evakuasi, bom udara kemudian diukur dan memiliki panjang 1,25 meter dan diduga bom masih aktif, sehingga kami melakukan evakuasi sesuai prosedur dan berhati-hati,” ujar Sugiharto

Sugiharto menambahkan, proses evakuasi bom yang dilakukan Tim Gegana Polda Kaltara memerlukan waktu selama lebih kurang dua jam.

Meski tidak ada kendala khusus, kata dia, akibat kondisi tanah labil bekas galian, maka evakuasi harus menggunakan alat berat untuk mengangkatnya, sehingga membutuhkan waktu agak lama.

Setelah berhasil dievakuasi, bom udara tersebut dibawa petugas ke Mako Brimob Polda Kaltara di Tarakan untuk diamankan.

Kesimpulan

Tim Gegana Brimob Polda Kaltara melakukan evakuasi bom udara yang memiliki panjang 1,25 meter dan diduga bom masih aktif pada Minggu, 21 November 2021. Setelah berhasil dievakuasi, bom udara tersebut dibawa petugas ke Mako Brimob Polda Kaltara di Tarakan untuk diamankan.

Penutup

Sekian pembahasan yang dapat admin sampaikan pada waktu ini,semoga sobat semua dapat mengerti yang apa saya jelaskan ,Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *