Cina telah membangun menara pembersih udara berbentuk lingkaran dengan tinggi 328 kaki alias 100 meter.

bisnisnet.com– Hallo seobat semua kali ini admin akan membahas tentang cina yang kabarnya telah membangun menara pembersih udara yang tingginya sekitar 100 meter, Yukk simak penjelasannya.

Kepala penelitian program, Cao Junji, berharap menara ini dapat berfungsi dengan baik untuk memurnikan lebih dari 10 juta meter kubik udara setiap hari di area seluas 10 kilometer persegi.

Menara tersebut terletak di Xi’an, ibu kota Provinsi Shaanxi, Cina barat laut. Sistem pembersih menara ini bertenaga surya. Bagian dasarnya memiliki rumah kaca yang bisa menarik udara tercemar ke menara dan memurnikannya sebelum dilepas ke lingkungan. “Secara keseluruhan, proyek tersebut akan terus ditingkatkan kinerjanya,” kata Cao, seperti dilansir laman China Morning Post.

Menurut Institute of Earth Environment di Chinese Academy of Sciences yang dilansir laman Daily Mail, 17 Januari 2018, sistem pembersih ini dapat mengurangi 15 persen partikel halus dalam kabut asap yang dianggap berbahaya bagi kesehatan. Menara ini sebetulnya berangkat dari inovasi yang ditemukan pada Oktober 2016 bernama Smog Free Tower.

Smog Free Tower didirikan di Beijing dengan tinggi 7 meter. Menara ini terbukti bisa membersihkan 30 ribu meter kubik asap halus per jam. Sayangnya, menara yang dirancang Daan Roosegaarde, seniman dan inovator asal Belanda, tersebut efeknya tidak bertahan pada tingkat optimal, karena sepenuhnya didukung listrik.

Menara bekerja dengan melepaskan udara bersih yang dihasikan dari rumah kaca yang mengelilingi dasarnya. Luas rumah kaca itu setengah dari ukuran lapangan sepakbola Udara bersih dihasilkan dari polusi yang diisap ke rumah kaca lalu dipanaskan menggunakan energi surya. Udara panas itu kemudian didorong ke atas menara melewati beberapa lapisan filter pembersih sebelum dilepas ke udara.

Soal ketersediaan energi surya di musim dingin, hal itu bukan masalah karena kualitas pelapis di rumah kaca itu mampu menyerap radasi matahari dengan level tinggi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan semua prosesnya. Berkat menara ini, rata-rata penurunan partikel debu kecil dalam asap yang sangat membahayakan bagi kesehatan atau biasa disebut dengan 2,5 PM mencapai 15 persen dalam kondisi kota berkabut asap.

Kesimpulan

Kepala penelitian program, Cao Junji, berharap menara ini dapat berfungsi dengan baik untuk memurnikan lebih dari 10 juta meter kubik udara setiap hari di area seluas 10 kilometer persegi.

Penutup

Sekian pembahasan yang dapat admin sampaikan semoga sobat semua dapat mengerti yang apa saya jelaskan,Semoga bermnafaat sekian dan terimakasih.

Leave a Comment