FUNGSI KOMUNIKASI BISNIS

143 View

bisnsisnet.com– Hallo semuanya kali ini admin akan membahas tentang komunikasi bisnis,Perlu anda ketahui dan anda pahami juga, bahwa komunikasi bisnis itu sendiri juga memiliki fungsi – fungsi penting dalam kelancaran aktifitas dalam sebuah perusahaan. Berikut adalah 4 fungsi penting dari komunikasi bisnis yang perlu anda ketahui:

Fungsi Informative

Fungsi ini diperlukan dalam mewujudkan kelancaran aktiftas perusahaan, baik itu pimpinan ataupun karyawan. Fungsi informatif umumnya bersifat global, artinya fungsi informatif dalam komunikasi bisnis dapat dilakukan dan di dapatkan oleh siapa saja yang ada dalam perusahaan, seperti informasi penjualan, pemasaran, produksi, tenaga kerja, keuangan, dan lain sebagainya.

Fungsi Regulatory

Komunikasi bisnis dalam perusahaan juga berfungsi sebagai regulatori (pengendali dan pengatur) keberlangsungan aktifitas perusahaan, baik itu produksi, penjualan, dan lainya. Wujud dari fungsi regulatori ini umumnya berupa laporan dari bawahan keatasan dan perintah dari atasan ke bawahan.

Fungsi Persuasive

Komunikasi bisnis yang persuasif adalah komunikasi yang bertujuan untuk mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator atau pihak lain yang di luar perusahaan ( eksternal). Dalam hal ini win win solution selalu di perhatikan. Wujud dari fungsi persuasif salah satunya adalah negosiasi.
 

Fungsi Integrative
Fungsi integratif dalam komunikasi bisnis adalah untuk menciptakan situasi kerja yang kondusif, efektif, dan efisien dalam sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan tersebut dapat beroperasi secara utuh dan terpadu. Dalam hal ini, termasuk juga fungsi koordinasi dan penjadwalan aktivitas, penetapan saluran informasi dan otoritas, serta untuk menarik dan melatih karyawan. Fungsi integratif ini juga merupakan salah satu fungsi penting dari komunikasi bisnis.

Komunikasi merupakan faktor dan krusial bagi pencapaian tujuan suatu organisasi bisnis. Pengertian komunikasi bisnis bukanlah penggabungan dari dua pengertian komunikasi dan bisnis, melainkan merupakan proses komunikasi dalam kegiatan bisnis. Seorang pimpinan secara rutin harus berkomunikasi dengan bawahannya buat meminta mereka membuat surat pesanan barang, menjawab atau membuat surat aduan, membuat surat edaran umum, membuat surat kontrak kerja sama, membuat surat balasan/tanggapan, dan sejenisnya. 

Kesimpulan

Perlu anda ketahui dan anda pahami juga, bahwa komunikasi bisnis itu sendiri juga memiliki fungsi – fungsi penting dalam kelancaran aktifitas dalam sebuah perusahaan.

Penutup

Mungkin sampai disini pembahsan yang admin jelaskan, Semoga sobat semua dapat mengerti yang apa saya jelaskan, Semoga bermanfaat bagi sobat semua sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.