Dugaan Kasus Pemerkosaan Mahasiswi Universitas Muhammadiyah

164 View

bisnisnet.com-Hallo sobat semua kali ini admin akan membahas tentang kasus pemerkosaan yang terjadi di Universitas muhamaadiyah yogyakarta yukk simak penjelasan berikut.:

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah melakukan pemeriksaan terhadap pelaku tindak asusila yang viral di akun Instagram @dear_umycatcallers. Mahasiswa terduga pelaku pemerkosaan berinisial MKA akhirnya diberhentikan alias drop out (DO) secara tetap dengan tidak hormat.

“Selain itu, selama proses investigasi berlangsung, terungkap dua orang mahasiswi UMY lain turut menjadi korban MKA tersebut. MKA ini mahasiswa jurusan Ekonomi angkatan 2017,” kata Rektor UMY Gunawan Budiyanto saat jumpa pers di UMY, Bantul, DIY, Kamis (6/1/2022).

Gunawan mengatakan UMY melakukan investigasi dan pemeriksaan terhadap terduga pelaku dan korban. Investigasi dan pemeriksaan ini melibatkan Komite Disiplin dan Etik Mahasiswa UMY sejak diketahuinya kasus tersebut hingga kemarin, Rabu (5/1).

“Dari hasil pemeriksaan dan investigasi, Komite memutuskan bahwa perbuatan tersebut dinyatakan sebagai pelanggaran disiplin dan etik mahasiswa kategori pelanggaran berat,” lanjut Gunawan.

Sehubungan dengan pemeriksaan yang sudah dilakukan oleh Komite Disiplin dan Etik Mahasiswa, maka pihaknya memutuskan untuk memberikan sanksi maksimal kepada MKA. Sanksi itu adalah memberhentikan MKA secara tetap dan tidak hormat.

“Yakni diberhentikan secara tetap dengan tidak hormat sebagaimana tercantum dalam Pasal 8 Peraturan Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Nomor 017/PR-UMY/XI/2021 tentang Disiplin dan Etika Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,” ucapnya.

Pihaknya juga berkomitmen untuk memberikan pendampingan psikologis kepada para korban. Seperti menyediakan psikolog melalui pusat layanan konseling di Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA).

“Untuk selanjutnya, UMY menghormati prosedur hukum yang berlaku dan akan memfasilitasi pendampingan hukum melalui Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum (PKBH) UMY apabila korban menginginkan kasus tersebut dibawa ke ranah hukum,” katanya.

Semua itu, kata Gunawan, sebagai sikap tegas UMY dalam menyelesaikan kasus dugaan tindak kekerasan seksual di lingkup mahasiswa. Mengingat UMY mengedepankan prinsip zero tolerance terhadap pelanggaran disiplin dan etika, terlebih yang mengarah pada kasus kriminalitas.

“Bersama ini juga, kami sampaikan bahwa UMY tetap berkomitmen untuk menjaga lingkungan kampus agar selalu aman dan nyaman bagi seluruh mahasiswa. UMY akan terus mengedepankan prinsip zero tolerance terhadap pelanggaran disiplin dan etika, terlebih yang mengarah pada kasus kriminalitas,” ujar Gunawan.

Kesimpulan

“Dari hasil pemeriksaan dan investigasi, Komite memutuskan bahwa perbuatan tersebut dinyatakan sebagai pelanggaran disiplin dan etik mahasiswa kategori pelanggaran berat,”

Penutup

Sekian pembahsan yang admin jelaskan pada kesmpatan kali ini semoga sobat semua dapat mengerti apa yang saya jelaskan, Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.