3 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Aman Bagi Investor Pemula

Bisnisnet.com-Hallo sobat semua kali ini admin akan membahas 3 jenis investasi jangka pendek yang aman bagi pemula Yuk, pahami tentang investasi jangka pendek bagi pemula!

Dulu waktu masih kecil, mungkin sudah mengetahui pentingnya menabung sejak dini. Nah, kini sobat juga harus tahu caranya berinvestasi, salah satunya adalah investasi jangka pendek.

Mengapa demikian? Kini, berinvestasi bisa lebih mudah dan praktis karena bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Namun, jangan sampai berinvestasi justru membuat kalian merugi. Sebab, tujuan investasi tentunya bukan untuk berutang.

Itulah pentingnya literasi tentang investasi, baik investasi jangka panjang maupun investasi jangka pendek.

Berikut akan membahas tentang investasi jangka pendek, serta tahapan yang perlu sobat lakukan sebagai investor pemula.

Pengertian dan Tujuan Investasi Jangka Pendek

Pada dasarnya, investasi jangka pendek maupun investasi jangka panjang harus disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing keluarga.

Setiap keluarga juga mempunyai kepentingan dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Setiap keluarga juga tentunya memiliki perencanaan keuangan yang berbeda untuk masa depan.

Ada istilahnya, berinvestasilah dengan menggunakan ‘uang dingin’. Uang dingin adalah uang yang tidak akan dipakai dalam jangka waktu tertentu dan tidak mengganggu pengeluaran harian rumah tangga.

Hindari berinvestasi hanya untuk gengsi semata atau hanya ikut-ikutan tren yang saat ini sedang ramai dibicarakan.

Jadi, jangan sampai investasi mengganggu uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari yaa.

Meski kini berinvestasi menjadi sangat mudah, tapi banyak yang akhirnya justru berutang demi investasi. Tentunya, hal ini yang harus dihindari.

1. Memiliki Tujuan Tertentu

Investasi jangka pendek bisa ditarik dalam jangka waktu yang pendek.

Untuk itu, investasi ini menjadi cara menabung yang tepat dan cukup menguntungkan apabila merencanakan untuk membeli kebutuhan tertentu atau ingin liburan.

Misalkan, Sobat ingin membeli mobil pada tahun depan, menyiapkan DP membeli rumah, atau merencanakan berlibur ke luar negeri bersama keluarga beberapa tahun mendatang, maka investasi jangka pendek adalah pilihan yang tepat.

2. Antisipasi Kebutuhan Tidak Terduga

Secara garis besar, seluruh tabungan, termasuk investasi jangka pendek, adalah pilihan yang bisa dilakukan untuk antisipasi dari kejadian yang tidak terduga.

Misalkan, suatu saat kalian atau pasangan mengalami kesulitan dalam penghasilan, maka investasi dapat menjadi dana darurat yang bisa digunakan.

Sekali lagi, karena investasi jangka pendek sifatnya juga sementara, maka bisa sobat ambil apabila membutuhkannya.

3. Menghindari Utang

Ketika datang tagihan tidak terduga dan tidak mempunyai tabungan lebih, maka seringnya akan meminjam uang atau mengutang. Inilah pentingnya melakukan investasi jangka pendek.

Sebaiknya, sobat semua dapat mengatur perencanaan keuangan sedemikian rupa, untuk menghindari utang yang akhirnya juga melindungi rumah tangga ke depannya.

4. Belajar untuk Berkomitmen

Investasi jangka pendek memang sifatnya sementara, namun ini bisa melatih sobat semua untuk belajar berkomitmen dalam menabung.

Ketika dapat mengatur keuangan dan menyisihkannya untuk berinvestasi, maka lama-kelamaan maka akan terlatih untuk dapat berinvestasi jangka panjang.

Itulah beberapa tujuan investasi jangka pendek yang mungkin saja sesuai dengan yang di alami saat ini.

Kesimpulan

Untuk itu, investasi ini menjadi cara menabung yang tepat dan cukup menguntungkan apabila merencanakan untuk membeli kebutuhan tertentu atau ingin liburan.

Penutup

Sekian pembahasan yang dapat admin sampaikan,Semoga sobat semua dapat mengerti yang apa saya jelaskan,Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

 

Leave a Comment