Berikut ini 8 Cara Menanam Kangkung Dengan Mudah Di Halaman Rumah


zonatau.com – Berikut ini 8 Cara Menanam Kangkung Dengan Mudah Di Halaman Rumah

Kangkung ialah salah satu sayuran lezat dan favorit banyak orang. Tak heran kalau sayuran ini acapkali menjadi menu di banyak sekali restoran. Ternyata, cara menanam kangkung di rumah tidaklah sulit, loh.

Nir heran banyak orang mulai menanam kangkung di rumah. Tentu saja, Kangkung Protesis Sendiri absolut akan lebih enak, apalagi kalau akibat pemetikan kangkung di pekarangan.

1. Pilih biji kangkung berkualitas
2. Siapkan media tanam
3. Berikan pupuk yang cukup
4. Buat lubang untuk penanaman
5. Tanam benih dan beri makan campuran pupuk dengan tanah
6. Lakukan penyiraman secara teratur
7. Pangkas bagian kangkung yang rusak
8. Rawat secara teratur dan kangkung siap panen

Lantas, bagaimana cara menanam kangkung di rumah? Apakah anda tertarik? Kalau demikian, lihat cara menanam kangkung di rumah di sini!

1. Pilih biji kangkung berkualitas

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menanam kangkung ialah memilih bibit tanaman yang berkualitas. Anda mampu mencarinya di banyak sekali toko perkebunan terdekat dan juga mampu membelinya melalui online business terpercaya.

Selain menggunakan biji, Anda juga mampu melakukan stek dari tanaman kangkung lainnya.

2. Siapkan media tanam

Selanjutnya, tentukan kawasan menanam kangkung. Ada dua cara menanam yang mampu anda lakukan, yaitu eksklusif di tanah dan menggunakan polybag atau pot yang cukup besar.

Namun, sebelum menanam kangkung, Anda harus memastikan tanahnya bebas dari gulma atau gulma. Kemudian, kendurkan tanah menggunakan sekop dan buatlah bedengan tanaman atau yang biasa dikenal dengan “bedengan.”

Beri jarak antara masing bedengan kurang lebih 50 cm agar sistem penyiraman lebih baik.

3. Berikan pupuk yang cukup

Setelah media tanam siap, pastikan Anda menaburkan pupuk di atas bedengan yang telah Anda buat. Namun, jangan menanam kangkung segera setelah Anda menyuburkan media tanam.

Biarkan pupuk selama kurang lebih 3-5 hari agar media tanam lebih mudah menyerap unsur hara. Anda juga perlu memperhatikan tingkat pH di dalam tanah agar tidak terlalu asam dan mengganggu perkembangan kangkung.

Untuk menetralkan kadar pH pada media tanam, Anda mampu menambahkan kapur atau dolomit kira satu ash kecil untuk satu karung pupuk.

4. Buat lubang untuk penanaman

Setelah menunggu 3-5 hari untuk penyerapan nutrisi pupuk oleh tanah, Anda perlu membuat lubang tanam untuk meletakkan benih kangkung. Buat lubang dengan kedalaman 5 cm dan atur jarak antar lubang sekitar 15 cm.

Anda juga mampu membuat lubang dengan Contoh crisscross agar ketika kangkung tumbuh nanti tidak saling bertabrakan dan mengganggu pertumbuhannya.

5. Tanam benih dan beri makan campuran pupuk dengan tanah

Setelah membuat lubang, Anda mampu menaburkan 3-5 biji kangkung ke dalam lubang yang sudah dibuat. Siapkan campuran tanah dengan pupuk untuk menutup lubang agar kangkung mampu tumbuh lebih subur dan berkualitas.

Setelah itu, tutup lubang menggunakan campuran, tetapi jangan terlalu penuh.

6. Lakukan penyiraman secara teratur

Sebenarnya penanaman kangkung lebih baik dilakukan ketika trend hujan agar media tanam selalu lembab.

Namun, tidak persoalan kalau Anda ingin menanamnya selama trend panas. Anda hanya perlu rutin menyiraminya setiap hari dengan air bersih agar kangkung mampu tumbuh subur.

7. Pangkas bagian kangkung yang rusak

Seiring berjalannya waktu, Anda akan melihat bibit kangkung mulai tersemai dan tumbuh daunnya. Namun, pastikan Anda memeriksa setiap bagian kangkung secara teratur, terutama pada bagian yang rusak.

Kalau Anda menemukan bagian kangkung yang sudah tidak sehat, maka Anda perlu segera memangkasnya agar tidak menyebar ke bagian lain.

Dengan memangkas bagian yang rusak secara teratur, Anda dapat menjaga kangkung tetap sehat dan menawarkan panen yang baik.

8. Rawat secara teratur dan kangkung siap panen

Nir hanya memperhatikan inti kangkung, tetapi Anda juga perlu membersihkan region di sekitar kawasan menanam sayuran yang satu ini. Pastikan region tersebut bersih dan terlindung dari gulma.

Selain itu, Anda juga harus secara teratur menawarkan pupuk pada kangkung, terutama setelah 10 hari Anda menanamnya. Rawat dengan baik dan tunggu sampai 30 hari, sebelum waktu panen.
Cara menanam kangkung di atasnya sangat mudah, bukan? Jangan khawatir gagal. Sebab kalau Anda melakukan langkah-langkahnya dengan benar, absolut sayuran kangkung anda mampu tumbuh dengan sangat baik.



Source link

Leave a Comment